Selasa, 01 November 2022

Cara Mudah dan Cepat Membuat Blog Gratis di Blogspot

cara membuat blogspot


Cara Mudah dan Cepat Membuat Blog Gratis di Blogspot - Blogger merupakan salah satu produk Google yang diberikan secara gratis. Produk Google yang satu ini bermanfaat untuk membuat blog atau website dengan domain gratisan. 

Sebenarnya ada banyak sekali platform yang menyediakan pembuatan blog secara gratis, mulai dari Wordpress, Blogspot, Mywapblog, Tumblr, dan masih banyak lagi. Akan tetapi dari banyaknya platform tersebut, Blogger atau Blogspot lah yang paling populer di kalangan masyarakat.

Ada banyak sekali kelebihan menggunakan blogger. Mulai dari gratis, mudahnya navigasi, hingga mudahnya mendapat peringkat di mesin pencari. 

Bahkan karena Blogger merupakan produk dari Google sendiri, kita akan mendapatkan banyak sekali layanan menarik dari raksasa internet tersebut. 

Untuk membuat blog di Blogger atau blogspot sangatlah mudah sekali, tanpa harus kamu kursus terlebih dahulu pun bisa. Nah, bagi kamu yang ingin membuatnya silahkan simak cara mudah dan cepat membuat blog gratis di blogspot berikut ini.

Alasan untuk membuat blog pun beragam, salah satunya mungkin yaitu untuk menghasilkan uang dari blog.

NOTE: kamu bisa baca tutorial blogging lainnya di blog ini, klik disini


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dengan Mudah dan Cepat


1. Sebelum membuat blog gratis di Blogspot, kamu harus memiliki akun GMail terlebih dahulu. Gmail juga merupakan salah satu produk dari Google. Cara membuat email disana hampir sama dengan email di Yahoo! ataupun platform lain. (Baca: Cara Membuat Email Gratis di GMail). Setelah memiliki akun GMail, silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

2. Buka alamat Blogger.com atau Blogspot.com. Kedua alamat memang terlihat berbeda, akan tetapi mengacu pada halaman yang sama.

3. Secara otomatis kamu akan diminta untuk memasukkan alamat GMail beserta passwordnya guna melakukan Log in. Masukkan alamat GMail dan sandi sesuai dengan akun milik kamu sendiri. Jika sudah, klik Sign in.

4. Setelah menunggu loading, sekarang kamu sudah masuk kedalam halaman utama dari Blogger. Untuk memulai mendaftar blogm silahkan tekan Blog Baru. Tombol ini terletak di bagian kiri atas tepat dibawah ikon Blogger.

5. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa komponen dalam membuat blogspot, diantaranya:

  • Judul: bagian ini bisa kamu isi dengan topik blog yang diinginkan. Misalnya blog ini nantinya akan membahas seputar kesehatan, maka kamu bisa menggunakan judul 'Info Kesehatan Terbaru' ataupun yang lain. Judul bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing
  • Alamat: pada bagian ini kamu harus mengisi dengan alamat domain blog. Usahakan membuat alamat yang mudah diingat dan tidak lebih dari 4 kata (Ane lebih suka 2 kata). Misalnya seperti kucingku.blogspot.com, cantikitu.blogspot.com, dan lain sebagainya. Lakukan terus sampai alamat tersedia dan tidak muncul lagi ikon tanda seru berwarna kuning.
  • Template: bagian ini berguna untuk mempercantik tampilan blog. Disana telah tersedia beberapa template standar dari Blogger yang bisa kamu pakai. Pilihlah salah satu yang menurut kamu paling simple dan enak dipandang. Apabila dirasa tidak ada template yang cocok, kamu bisa mencari template gratisan dari website luar, seperti btemplates.com. Untuk cara menggantinya silahkan baca disini.

Tekan tombol 'Buat Blog' untuk mengaktifkan blog yang telah kamu buat tadi. Apabila berhasil, maka pada halaman tersebut akan tampil judul blog kamu.

Sebenarnya sampai disini kamu sudah memiliki Blog gratis dari Blogspot, namun agar blog bisa menjadi lebih populer di dunia maya maka kamu harus mengelolanya dengan baik dan benar. Pengelolaan ini nantinya sangat erat kaitannya dengan pencarian pengunjung blog. Bahkan dengan adanya banyak pengunjung, Blog kamu akan menghasilkan dollar yang cukup besar.


Mengenal Menu Halaman Utama Blogspot


Pada bagian halaman utama administrasi, kamu akan disuguhkan dengan beragam menu untuk mengelola blog tersebut. Menu-menu tadi berada di sebelah kiri, berikut fungsi dari masing-masing menu tersebut.

  • Tombol Entry: bagian ini berguna untuk artikel editor sebelum diposting. Tampilannya hampir sama dengan editor di Ms. Word. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat artikel, menyisipkan gambar, videi, dan beragam konten menarik lainnya.
  • Menu Pos: menu ini berguna untuk memperlihatkan artikel yang telah kamu publish ataupun yang masih dalam bentuk draft.
  • Menu Laman: menu satu ini sebenarnya mirip dengan tombol New Entry, akan tetapi fungsinya sangatlah berbeda. Menu Laman hanya diperuntukkan membuat halaman statis yang tidak memerlukan update.
  • Menu Komentar: menu komentar berguna untuk menampilkan tanggapan daripada pengunjung mengenai artikel atau konten yang telah kamu publish.
  • Menu Google+: menu yang berguna untuk menghubungkan antara akun Google Plus kamu dengan blog. Melalui menu ini kamu juga bisa share artikel ke media sosial Google Plus. UPDATE: LAYANAN GOOGLE PLUS SUDAH DI NONAKTIFKAN OLEH GOOGLE.
  • Menu Statistic: menu yang digunakan secara khusus untuk melihat statistik blog. Mulai dari jumlah pengunjung, page view, pos, pengikut, dan lainnya.
  • Menu Tata Letak: bermanfaat untuk mengatur tata letak komponen dalam blog kamu. Mulai dari widget, post, label, dan masih banyak lagi. Jadi, menu ini berguna agar navigasi blog kamu semakin mudah digunakan pengunjung.
  • Menu Template: berguna untuk melakukan editing template blog. Kamu bisa mengganti template blog melalui menu satu ini, namun agar semakin cantik kamu harus memahami kode-kode HTML template.
  • Setelan: menu paling bawah ini berguna untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan blog. Mulai dari judul, alamat, mengganti blogspot.com jadi TLD atau custom domain, dan masih banyak lagi.

Seperti itulah Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot. Selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat!