Selasa, 01 November 2022

Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas

 Cara Mendapatkan Backlink Gratis


Cara Mendapatkan Backlink Gratis dan Berkualitas - Banyak sekali para blogger pemula yang lebih mengutamakan kuantitas backlink dari pada kualitasnya. Padahal, hal tersebut sangat buruk bagi perkembangan website mereka. Bahkan website yang hyper optimasi backlink akan terancam terkena deindex oleh Google.

Mungkin di tahun 2015 banyak sekali master di luar sana yang berkata 'Konten is The King'. Saya sangat setuju dengan anggapan tersebut. Namun bagaikan rumah tanpa pondasi, konten sebagus apapun juga akan roboh dan hancur jika tidak diberi backlink yang berkualitas.


Mencari backlink sebenarnya menurut saya cukuplah mudah. Ada dua cara yang dapat kita tempuh, yakni berbayar dan gratis yaitu dengan mencarinya sendiri. Tidak selamanya backlink yang kamu beli itu berkualitas, malah sekarang banyak sekali para pemilik website yang gulung tikar setelah mengoptimasi blog mereka dengan membeli backlink asal-asalan.

Saya sendiri lebih suka mencari backlink sendiri. Tentunya agar pekerjaan saya lebih mudah, saya memerlukan tools intip backlink. Ada banyak sekali tools intip backlink kompetitor yang bisa kamu pakai secara gratis. Mulai dari seoprofiler.com, Ahref, Moz, dan lainnya. Dari beberapa tools tersebut, saya lebih suka memakai seoprofiler.com. Langsung saja berikut cara mendapatkan backlink gratis dan berkualitas dengan tools seoprofiler.com


Cara Mendapatkan Backlink Gratis Yang Berkualitas


1. Langkah pertama silahkan daftarkan diri dan website kamu terlebih dahulu ke www.seoprofiler.com.

2. Masukkan alamat domain website kamu dan alamat email disana dengan benar. Jangan lupa untuk melakukan Log In kembali apabila sudah memiliki akun yang sudah terdaftar.

3. Apabila kamu sudah masuk ke halaman utama tools tersebut, perhatikanlah menu di bagian sisi kiri. Disana terdapat beragam menu mulai dari Your Account, Rangking Monitor, hingga Link Profiler. Dari banyaknya menu yang ada pilihlah Link Profiler, lalu klik Backlinks.

4. Secara otomatis kamu akan disuguhkan dengan sebuah kolom, nah isilah kolom itu dengan menggunakan URL/domain website besar atau kompetitor (usahakan memilih website yang milik perorangan, bukan perusahaan. Karena sedikit kemungkinan sebuah website perusahaan mencari backlink).

5. Apabila domain kompetitor sudah dimasukkan kedalam kolom tersebut, klik lah 'Get Backlink Data'. Tunggu loading beberapa saat, nanti akan muncul list backlink yang mereka miliki.

6. Nah agar anda tidak menanam backlink asal-asalan (tidak berkualitas), usahakan memilih yang LIS nya diatas 40%. Lebih bagus lagi apabila niche web tersebut sesuai dengan niche blog kita sendiri.

7. Apabila sudah ketemu, klik URL tersebut. Kamu hanya bisa menanam backlink pada Blog Comment saja. Oleh sebab itu, usahakan mencari blog comment yang auto approve saja.

8. Untuk menanam backlink di web-web yang telah kamu temukan tadi, caranya masukkan kode <a href='URL Kamu'>anchor text</a>. (Untuk mengenal lebih dalam cara membuat link, silahkan baca Cara Membuat Tulisan atau Link Agar Bisa di Klik

9. Ganti yang bertanda merah dengan URL artikel atau homepage blog kamu. Begitu pun dengan ancor text gantilah sesuai dengan judul artikel ataupun judul postingan blog yang ingin dioptimasi.

10. Dalam menanam backlink usahakan jangan spam. Yang dimaksud spam adalah, kamu meletakkah puluhan URL sekaligus dalam waktu yang singkat. Akibat dari backlink spam adalah web/blog kamu akan terancam dihapus Google secara permanen.  

Cara mendapatkan backlink dengan tools diatas menurut saya efektif sekali, karena kita tidak harus mengeluarkan banyak biaya hanya untuk optimasi link building. Supaya backlink lebih cepat terindex oleh Google, silahkan URL backlink tersebut di Ping ke tools ping, seperti Googleping.org, Pingomatic.com, Pingler.com, dan masih banyak lagi.

Itulah ulasan singkat mengenai cara mendapatkan backlink gratis dan berkualitas yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini, SERP blog kamu akan semakin meningkat di mata mesin pencari, terutama Google. Selamat mencoba!