Selasa, 01 November 2022

Apa itu Backlink? Manfaatnya dan Cara Mendapatkannya

Apa itu Backlink?


Apa Itu Backlink, Manfaatnya dan Cara Mendapatkannya - Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai apa itu backlink, manfaatnya, dan cara mendapatkannya. Berikut penjelasannya.

Apa itu Backlink?


Backlink merupakan sebuah rekomendasi link yang ada didalam situs website lain. Backlink termasuk kedalam optimasi SEO Off-Page, lebih tepatnya link building. Semakin banyak website lain yang memberikan link ke website kita, maka akan semakin populer website kita di mesin pencari. Namun terlalu banyak backlink juga akan membuat website kita jatuh, khusunya apabila backlink tersebut kurang berkualitas dan berasal dari spamming.

Manfaat Backlink Untuk Blog


Backlink menurut saya bagaikan sebuah pondasi website. Apabila pondasi tersebut cukup kuat dan berkualitas, maka tidak akan mudah roboh meskipun terkena hujan dan badai. Manfaat backlink untuk blog antara lain:

1. Meningkatkan Posisi Website di Mesin Pencari


Apabila website kamu memiliki banyak backlink yang berkualitas, maka secara otomatis posisi akan naik ke halaman pertama. Mengapa demikian? Karena Google sendiri juga menghitung kuantitas dan kualitas backlink yang kita miliki.


2. Meningkatkan Pengunjung Blog


Manfaat backlink berikutnya adalah meningkatkan pengunjung. Backlink akan membuat posisi postingan kita berada di halaman pertama. Sehingga banyak sekali pengunjung yang akan datang ke blog kita. apalagi jika judul postingan kamu banyak dicari orang.


3. Meningkatkan Kualitas Web di Mata Google


Google menganggap backlink sebagai sebuah rekomendasi website terbaik. Semakin banyak rekomendasi (backlink) tersebut, maka Google akan semakin sayang dengan blog kita. Sehingga kualitas pun akan semakin meningkat di mata mesin pencari.

Selain bermanfaat, backlink yang kurang berkualitas juga bisa menjadi bumerang bagi situs kita sendiri. Terlebih lagi apabila backlink tersebut dibangun secara otomatis dan nyepam, maka akan membuat blog mudah terkena de-index dan bahkan berpelung dihapus permanen dari mesin pencari.


Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink?


Untuk mencari backlink cukup mudah. Ada banyak metode yang bisa kamu coba. Berikut beberapa cara mencari backlink yang bisa dicoba.

1. Blogwalking


Blogwalking merupakan aktivitas mengunjungi blog orang lain kemudian kita meletakkan link dibagian kolom komentar. Sebenarnya cara ini merupakan metode kuno untuk mencari backlink, namun sampai sekarang blogwalking masih digunakan oleh para blogger, terutama para pemula.

Untuk melakukan blogwalking sangat muda, kamu bisa berkunjung ke website orang lain, kemudian tinggalkan komentar pada postingannya. Dalam berkomentar jangan terlalu berlebihan, karena biasanya pemilik blog tidak akan menerima komentar kamu, bahkan bisa jadi komentar kamu dihapusnya.

(Baca Juga : Apa itu SEO Friendly?)

2. Guest Blogging


Inilah tehnik membangun backlinka yang dilakukan oleh banyak praktisi white hat SEO. Guest blogging merupakan aktivitas yang dilakukan dengan cara posting artikel di blog orang lain. Kemudian artikel buatan kita tersebut diberi link menuju ke website kita.

Guest blogging termasuk kedalam optimasi link building yang paling aman. Karena Google sangat menyukai link yang berada di dalam artikel suatu blog, apalagi jika blog yang kamu gunakan tersebut memiliki reputasi cukup baik.

Untuk melakukan guest blogging, kamu bisa terlebih dahulu menghubungi pemilik blog (usahakan blognya se-niche). Tanyakan kepadanya apakah menerima guest blog. Jika iya silahkan lakukan perjanjian dan kamu buat satu buah artikel untuk blog dia.


Itulah informasi singkat mengenai Apa itu backlink, Manfaatnya dan Cara mendapatkannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu seputar dunia blogging!